Selasa, 29 Agustus 2017

Usaha dengan Modal Kecil yang Dijalankan Secara Konvensional

usaha modal kecil

Untuk memulai usaha, tidak perlu memerlukan modal uang yang besar karena masing-masing memiliki kebutuhan sendiri. Ada usaha dengan modal kecil yang bisa dimulai dan dibangun di rumah dan dikembangkan sehingga menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. 

Ada bisnis yang bisa dikerjakan secara online dan ada yang bisa dikerjakan secara konvensional atau offline. Bisnis ini tidak membutuhkan koneksi internet 100% seperti halnya bisnis online karena bisnis ini dijalankan dan berinteraksi langsung dengan konsumen.

Baca Juga: Kumpulan Perintah dasar Linux

Pertama adalah dengan design undangan atau gambar, editing video dan gambar ataupun percetakan. Walaupun bisnis ini bisa dikembangkan dengan cara marketing online untuk mendapatkan konsumen secara lebih luas, namun sebagian besar dikerjakan langsung dan berhadapan atau berinteraksi langsung dengan konsumen. Konsumen akan datang atau meminta bantuan pada Anda untuk dibuatkan gambar, editing ataupun mencetak undangan untuk keperluan tertentu misalnya untuk pernikahan.


usaha dengan modal kecil

Kedua adalah menjahit. Usaha ini membutuhkan data akurat mengenai ukuran tubuh konsumennya sehingga konsumen mau tidak mau harus datang ke penjahit dan kemudian melakukan pengukuran agar bisa mendapatkan baju yang tepat dan cocok untuk konsumen. Selain pengukuran, penjahit juga butuh untuk melakukan fitting untuk melihat apakah baju yang dibuat tersebut sudah tepat atau kekecilan ataupun kebesaran karena perubahan berat badan konsumen.

Ketiga adalah membuka usaha private atau kursus. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang akademis ataupun bahasa asing Anda bisa memulai untuk mengajar anak-anak secara private. Anda bisa mengajar dengan cara datang langsung ke tempat anak tersebut untuk melakukan les atau anak tersebut yang bisa datang ke tempat Anda karena Anda sudah menyiapkan tempat khusus untuk belajar. 

Artikel Menarik : Linux Slackware

Untuk marketingnya, usaha dengan modal kecil ini bisa dilakukan dengan cara marketing offline seperti mengabarkan langsung dari mulut ke mulut atau lewat brosur dan menggunakan cara online misalnya dengan media sosial.

Keempat adalah berjualan pulsa elektrik dan fisik. Bisnis ini termasuk sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan. Jika Anda menjual pulsa fisik misalnya paket data internet, Anda butuh modal yang lebih besar dibandingkan jika hanya menjual pulsa elektrik. Bisnis pulsa elektrik bisa Anda mulai dengan melakukan deposito minimal Rp 100.000 dan Anda sudah bisa mengirimi permintaan pulsa dari konsumen Anda. 

Walaupun keuntungan per transaksinya bisa dikatakan kecil, namun jika dilihat secara keseluruhan, bisnis ini bisa menjanjikan karena banyak orang yang butuh pulsa dan akan semakin menguntungkan jika Anda memiliki banyak teman seperti di komunitas atau organisasi yang kerap membutuhkan pulsa untuk kebutuhan tertentu misalnya untuk mencari pembicara seminar.


Usaha dengan Modal Kecil


Usaha dengan modal kecil yang lainnya yang bisa Anda lakukan secara offline atau konvensional, yaitu:

  • Usaha di bidang kuliner. Anda bisa menjual makanan seperti gudeg, pecel, mie ayam, atau minuman seperti jus, coklat. Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis dengan prospek yang tinggi sehingga menjanjikan. Namun, Anda harus memiliki ciri makanan/minuman sendiri yang membedakan produk Anda dengan produk yang lainnya sehingga bisa menarik konsumen.

  • Peluang membuka jasa percetakan. Usaha ini memberikan keuntungan yang tinggi terutama jika Anda membukanya di kawasan perumahan, padat penduduk atau di sekitar universitas/kampus. Seperti yang telah dibuka sekarang ini Percetakan Palembang yang didirikan oleh perusahaan Bonafide Advertising

  • Membuka toko kelontong. Membuka took kelontong merupakan ide yang sangat bagus, apalagi jika ditunjang dengan tempat yang strategis, seperti perumahan yang jauh dari jalan raya. Sehingga toko kelontong menjadi prioritas orang untuk membeli belanjaan menggantikan toko-toko besar yang sedang marak-maraknya.

Demikianlah tulisan saya mengenai usaha dengan modal kecil, Semoga tulisan di Blog Susah Mikir ini selalu bermanfaat ya guys. Terima kasih.

0 komentar: