Sabtu, 02 September 2017

Contoh Biaya Overhead yang Paling Tepat


Dalam dunia perbankan atau keuangan pastinya ada beberapa istilah yang harus dipelajari dan juga harus dipahami. Salah satunya adalah contoh biaya overhead yang memang akan menjadikan kita harus paham apa saja biaya yang ada di dalamnya sehingga akan membuat kita jadi lebih cepat dalam menjalankan kelancaran dalam pabrik ini. 

Kebanyakan orang sudah akan tahu apa itu biaya yang bisa dibilang sebagai biaya tidak terduga ini. Hampir di semua industry kita dapat menemukan biaya yang bisa dibilang sangat mengganjal ini.


Ada beberapa contoh yang memang bisa dipelajari agar bisa lebih mengenal lebih dalam mengenai biaya ini dan juga akan membuat kita tidak salah pada saat membedakan biaya ini. Berikut ini adalah beberapa contoh pada industry antara lain:

  1. Biaya bahan penolong, ini merupakan salah satu yang biasanya merupakan bahan baku kecil namun tidak akan terhitung pada saat sudah menjadi sebuah produk. Biasanya memang biaya ini tidak selalu dikeluarkan maka dari itu disebut sebagai biaya tidak terduga yang akan membuat penolong ini akan jadi lebih mudah dalam memproduksi. Besaran biaya ini juga tidak terlalu besar.
  2. Biaya pemeliharaan, biaya ini memang akan selalu dikeluarkan namun ini masuk dalam biaya tidak terduga. Karena sering kali ada beberapa reparasi pemeliharaan yang terjadi tiba-tiba karena adanya kerusakan yang harus segera diselesaikan.
  3. Biaya akibat waktu, ini juga menjadi salah satu biaya yang tidak termasuk dalam biaya produksi sehingga akan masuk dalam biaya overhead. Ada beberapa yang termasuk dalam biaya ini seperti adanya biaya asuransi dan juga biaya sewa gedung.
  4. Biaya tak terhitung, salah satu yang termasuk dalam biaya ini adalah biaya listrik dimana setiap tahunnya ada beberapa biaya yang memang tidak terhitung salah satunya adalah biaya listrik karena tidak selalu sama listrik yang akan dikeluarkan.



Oleh karena itu penting sekali untuk kita tahu beberapa biaya yang penting dan biaya yang tidak penting agar keuangan perusahaan bisa berjalan dengan baik. Contoh biaya overhead ini harus dipahami oleh bagian keuangan perusahaan dengan baik. Pada saat menyusun anggaran mereka harus bisa menyusun dengan baik. Pastikan melebihkan beberapa biaya untuk biaya yang tidak terduga ini.

Jika sebuah perusahaan tidak memiliki biaya overhead ini maka akan sangat sulit sekali dalam membayarkan beberapa kebutuhan tidak terduga. Bagian keuangan harus memutar otak untuk mendapatkan biaya darimana. Biasanya dalam sebuah perusahaan akan ada beberapa divisi yang akan mengatur keuangan pada bagian divisi tersebut baru ke bagian divisi perusahaan yang besar.


Ketika sedang menentukan rencana keuangan untuk satu tahun produksi, maka minimal terdapat 15% biaya overhead ini. Tentu saja ini merupakan salah satu yang penting dan juga harus membuat kita jadi lebih menentukan apakah biaya ini merupakan pilihan yang tepat atau tidak. Biaya ini juga akan tergantung dengan industry apa yang dijalankan.

Pada dasarnya pembelajaran mengenai pembiayaan ini merupakan salah satu yang penting. Kita bisa mendapatkan pembiayaan yang tepat jika kita mengenal contoh biaya overhead dengan baik. Jangan sampai kita salah mengenalnya karena ini akan berdampak pada keuangan pabrik. Kebanyakan memang pada pabrik yang banyak memiliki biaya tidak terduga ini karena mereka memiliki banyak komponen dalam satu perusahaan besar di sector besar juga.

Nah gitu guys Biaya Overhead yang wajib kalian ketahui, semoga artikel ini dapat membantu ya guys. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis-tulis dan ramaikan kolom komentar ya guys. Terima Kasih sudah berkunjung di blog sederhana Susah Mikir

0 komentar: