Senin, 25 September 2017

Kenali Konsep Smart City, Impian Masa Depan Indonesia

Mungkin ada sobat techno yang pernah denger soal konsep smart city? Apa itu?
Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia secara telanjang, maka Smart City adalah Kota Pintar. Nah, konsep ini sendiri maksudnya seperti apa? Apakah hanya berisi orang-orang pintar? Atau Kota yang membuat penduduknya pintar?

Smart City adalah sebuah konsep tata kota, baik dari segi infrastruktur maupun kehidupan masyarakat didalamnya. Secara simple, Smart City adalah sebuah konsep mengenai tatanan kota yang mengedepankan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Baca Juga: Game Zombie Sambil Nunggu TWD

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, diharapkan bisa menambah kenyamanan dan kestabilan perangkat-perangkat kerja pemerintah. Selain itu juga akan memudahkan pengawasan dan responsif terhadap aduan masyarakat.

Konsep Smart City, sebagaimana dijabarkan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution paling tidak memiliki enam konsep untuk membuat sebuah smart city; smart secara ekonomi, smart secara mobilitas, lingkungan hidup yang smart, pemerintahan yang smart, serta gaya hidup yang smart. Keuntungan menerapkan smart city ini juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan menekan kesenjangan sosial.

Sebuah data dari Badan Pusat Statistik juga memprediksi bahwa pada tahun 2035, sekitar 67 persen penduduk Indonesia akan tinggal di Kota. Inilah yang mengharuskan perubahan kota biasa menjadi smart city dibutuhkan.

Artikel Menarik: Game Roleplay, yang Sedang Booming

Namun berbagai macam tantangan untuk mewujudkan smart city cukup berat. Mengingat Smart City bertujuan untuk memudahkan akses, sehingga masyarakat paham betul tentang masalah kota-nya yang akan memudahkan pemecahan masalah. Dan untuk tujuan itu tentunya diperlukan upgrade infrastruktur secara bertahap agar bisa berjalan.

Konsep Smart City yang Telah Dilakukan di Dunia


Sebagai perbandingan Smart City di dunia, sebuah studi yang dilakukan oleh IESE Business School telah memilih 20 Smart City terbaik di dunia. Yuk kita intip kondisi beberapa smart city di berbagai belahan dunia ini.


1. Tokyo

konsep smart city jepang

Tokyo merupakan Ibukota Negara Jepang yang mengawali daftar smart city kita. Sebagai salah satu pusat bisnis dan teknologi paling berkembang di Asia. Tokyo memiliki kemudahan dalam segi akses informasi dan fasilitas hidup penduduknya. Penggunaan berbagai monitor untuk mengawasi jalanan juga memudahkan pengecekan terhadap segala kemungkinan kecelakaan dan pelanggaran.

2. New York

konsep smart city newyork

New York adalah sebuah kota yang dijuluki Kota yang Tidak Pernah Tidur. Terletak di Amerika Serikat, plus sebagai pusat bisnis Negeri Paman Sam membuat perkembangan disini berjalan cepat. Tidak hanya dari segi kualitas hidup penduduknya yang baik dan aktif bekerja, namun juga fasilitas pendukung misalnya transportasi umum yang baik.

3. Paris

konsep smart city paris

Tak hanya sebagai Ibukota Negara Prancis, namun Paris juga menjadi pusat mode dan pariwisata. Sebagai salah satu kota tujuan wisata dunia, Paris memiliki berbagai kemudahan akses informasi untuk orang yang tinggal maupun berkunjung. Kemudahan ini juga tersedia dalam berbagai jenis layanan digital mereka.

4. London

konsep smart city london

London merupakan Ibukota Negara Inggris. London menerapkan konsep smart city dengan sangat baik. Misalnya terkoneksinya penduduk dengan wali kota mereka melalui layanan digital. Tidak hanya itu namun juga kerjasama pemerintah lokal dengan berbagai perusahaan untuk merangsang pertumbuhan start-up teknologi dan wirausaha yang baik.


5. Amsterdam

konsep smart city amsterdam

Amsterdam memang telah lama memiliki pola hidup kota yang bisa dibilang smart. Mengandalkan transportasi umum, kapal di kanal kanal mereka, bahkan penduduknya juga gemar bersepeda. Bahkan di Amsterdam sendiri banyak sekali sepeda pancal yang bisa digunakan publik secara gratis untuk berpindah tempat.

Artikel Terkait : Trik dan Tips Memilih Kamera DSLR

Konsep Smart City memang membutuhkan banyak sekali aspek pendukung utamanya dari pelaku teknologi. Dukungan dari pelaku tersebut memudahkan perkembangan baik dari segi alat maupun layanan digital. Namun perlu digaris bawahi bahwa teknologi akan merubah sebuah gaya hidup dan cara pandang masyarakat mengenai sesuatu.

Hmm.. Nampaknya memang perubahan yang harus benar benar pelan dijalankan agar tidak salah kaprah bukan?

0 komentar: