Kamis, 08 Februari 2018

Jenis-Jenis Resolusi Video yang Sering Kalian Jumpai, Kalian Suka Nonton Video jenis Resolusi yang mana nih?

resolusi video

Kalian suka download atau nonton steraming movie online? Pastinya bakal sering ketemu sama berbagai jenis resolusi video yang bakalan kita bahas kali ini. Selain menentukan kualitas (baca: buram-tidaknya) sebuah video film. Kualitas resolusi juga ada kaitannya dengan berat file video yang sedang kalian nikmati.

Semakin besar jenis resolusi video yang kalian tonton makan sebanding sama jernihnya gambar, namun bakalan lama kalo di download dan berat waktu streaming. Cara mengatasi video buffering / lemot pas streaming memang tidak ada cara lain kecuali memilih paketan internet yang cepat. Atau bisa juga dengan menurunkan kualitas resolusi video yang tentunya ada pada panel video playernya.

Beberapa Jenis Resolusi Video yang Sering Kalian Tonton

 
resolusi video

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis resolusi video itu.

1. QVGA (320 X 240)

QVGA adalah resolusi paling kecil yang berukuran 320 x 240 pixel. Biasanya resolusi ini didapatkan dengan menggunakan kamera handphone jadul. Maka nggak usah kaget ketika kamu mungkin baru lihat hp jadul atau hasil rekaman handphone jadul.

Artikel Menarik : Keunggulan Smartphone Winner y Star Plus dibanding Smartphone Sekelas Lainnya

Bisa dipastikan bakal penuh sama flickr (kalo orang Indonesia bilangnya layarnya semutan) sehingga kadang object yang direkam menjadi kurang jelas. Namun tentunya, kualitas video QVGA sendiri pernah leading pada jamannya dengan banyaknya video-video yang berformat .QVGA dan temannya bernama .3GP! Hayo, anak 90' an yang demen .3GP ngaku!

2. VGA (640 x 480)

Selanjutnya kita punya resolusi bernama VGA yang memiliki resolusi video 640 x 480 pixel. Video dengan resolusi ini merupakan video yang paling rendah kualitasnya jika diputar pada layar komputer.

Namun, resolusi ini sangat baik pada kamera digital lama, atau kamera handphone lama juga. Resolusi yang paling rendah ini bisa kamu dapatkan di YouTube juga loh. Merupakan format paling ringan ketika kamu mengalami kesusahan sinyal atau paketan internet yang cukup lemot.

3. SVGA (1366 x 768)

SVGA merupakan salah satu jenis resolusi video yang mungkin kerap kita temui. Namun belum tahu secara jelas namanya. Yap! SVGA sebenarnya cukup dekat dengan kita karena resolusi ini merupakan resolusi standart untuk TV tabung. Meski banyak sekarang TV sudah memiliki layar datar, tapi nggak jarang juga banyak yang masih memakai TV tabung.


resolusi video






Resolusi layar ini memiliki perbandingan 4:3 yang masih digunakan juga sebagai standart penyiaran televisi Indonesia. Makanya kalo punya TV HD pas nyalain channel lokal jatuhnya agak strech kesamping ya.

4. XGA (1024 x 768)

Untuk resolusi bernama XGA ini bakalan sering kamu temui sebagai hasil rekaman sebuah kamera handphone high-end. Resolusi paling bagus digunakan atau dikeluarkan melalui proyektor.

5. WXGA (1366 x 768)

WXGA merupakan resolusi yang memiliki perbandingan 16:9. Resolusi yang memiliki nama lain widescreen ini sudah menjadi standart layar untuk PC atau Laptop. Standart 16:9 pun juga menjadi standart untuk film cinema yang mungkin sering kalian tonton. Sebagai tambahan, ketika channel TV Lokal menayangkan film cinema, maka mereka akan mengecilkan output video dan menghasilkan area hitam pada atas dan bawah videonya.

Baca Juga : Mana yang Lebih Maksimal Hasil Fotonya?, Kamera DSLR atau Kamera GOPRO?

6. HD (1280 x 720)

Resolusi HD adalah resolusi yang paling ideal untuk menonton film sekarang ini. HD bahkan menjadi kata kunci pencarian ketika para pecinta streaming mencari film dengan mengetikkan judul yang diembel-embeli kata HD. Yap, memang resolusi HD ini menjadi resolusi terbaik karena tidak pecah dan jernih.

7. Full HD (1920 x 1080)

Resolusi terakhir dan terbaik adalah Full HD. Full HD memiliki kualitas ultra jernih sampai bahkan mimik muka dan jerawat si aktor di film yang kalian tonton bakalan kelihatan. Dan karena kualitasnya yang super itulah kadang video Full HD juga memiliki size yang lumayan besar.



Nah Guys dari ketujuh jenis resolusi video di atas, kalian pada suka nonton video dengan resolusi yang mana nih? Mungkin dari kalian ada yang suka nonton dengan resolusi QVGA yang dengan format 3gp :D, hhmm tapi tentunya dari kalian yang memiliki kuota atau internet yang kencang untuk download video, pasti maunya video dengan resolusi Full HD bukan.

Dari artikel di atas, jika kalian suka, kalian bisa share artikel ini dan jika ada masukan atau pendapat yang berbeda dari konteks artikel, kalian bisa memberikan masukan dan saran yang membangun di kolom komentar di bawah ya, agar Blog dari SUSAH MIKIR ini bisa berkembang menjadi Blog atau portal yang dapat bermanfaat buat kalian. Terima Kasih yaa

0 komentar: